Danau Cantik Tempat Syuting Jailangkung, Dimana?

Dtunjungresort.com – Masih ingatkah kalian dengan salah satu film indonesia yang bergenre Horor dengan judul Jailangkung? Nah pada kesempatan kali ini kita mau ngasih cerita tentang salah satu tempat yang diajdikan untuk syuting film horor jailangkung yah.

Ingat banget kan ada danau cantik yang pasti kalian belum pada tau kan dimana danau tersebut berada. Nih aku kasih tau dimana letak danau cantik alami itu. Danau tersebut berada di Pulau Satonda yang terletak di Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Danau yang berada di tengah pulau pun juga bukan danau air tawar, melainkan danau air asin.

Pulau Satonda juga merupakan gugusan dari kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Satonda dulunya terbentuk karena letusan gunung api di dalam dasar laut pada jutaan tahun yang lalu. detikTravel pernah berkunjung beberapa waktu lalu.

Nyatanya, Pulau Satonda juga merupakan salah satu tempat yang misterius. Di dalam film ‘Jailangkung’, diceritakan bahwa pulau yang dikunjungi sebenarnya tidak berpenghuni dan hanya terdapat satu rumah yang terbengkalai. Namun mitosnya, sebenarnya memang pulau tersebut tidak berpenghuni, tetapi saat ini sudah banyak sejumlah villa dan resort di sana.

Cerita legenda nan mistis juga melekat di Pulau Satonda. Konon, dulunya ini merupakan tempat pengasingan Puteri Dae Minga. Ia adalah seorang puteri kerajaan Sanggar yang sangat cantik sehingga diperebutkan oleh banyak raja. Karena banyak yang ingin mempersuntingnya, timbul lah banyak perselisihan dan peperangan.

Akhirnya para penduduk dan keluarga kerajaan sepakat untuk mengasingkan Puteri Dae Minga. Kemudian, ia tinggal di sebuah sampan di atas Danau Satonde. Alasan mengapa pulau tersebut tidak boleh di huni pun juga jelas, karena pulau tersebut merupakan tempat pengasingannya dan Puteri Dae Minga pun meninggal di sana.

Salah satu objek wisata yang menarik perhatian adalah sebuah pohon yang rantingnya digantungi banyak batu-batu. Bagi penduduk lokal, pohon ini termasuk keramat yang memiliki kekuatan gaib. Batu yang tergantung tersebut merupakan labang permohonan doa.

Terlepas dari kisah mistisnya, Pulau Satonda memiliki kekayaan alam yang sangat indah. Dulu, memang Satonda banyak dikunjugi oleh turis mancanegara, namun sekarang juga banyak turis lokal yang sudah mulai berkunjung ke sini.

Apabila ingin mencoba berkunjung, traveler dapat menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Dompu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *