Wisata Air Penguji Adrenalin Di Kota Seribu Bunga

 

 

Dtunjungresort.com – Magelang memang terkenal sebagai kota seribu bunga karena udaranya yang sejuk. Selain itu ada juga beberapa candi yang berada di Kabupaten Magelang. Yang paling terkenal yakni Candi Borobudur, namun banyak juga candi-candi kecil seperti Candi Mendut, Candi Pawon, Candi Ngawen, Candi Asu dan Candi Pendem dan masih banyak yang lainnya.

Kali ini kita tidak akan membahas Candi yang ada di kota seribu bunga ini, ada sebuah tempat wisata yang menyuguhkan wisata air. Kalian para traveler bisa menikmati derasnya arus sungai untuk menguji adrenalin kalian yang menyukai tantangan.

Berlokasi di sungai Tampir, Candimulyo Magelang, terdapat aliran sungai dengan jeram yang akhirnya dimanfaatkan sebagai aliran sungai untuk bermain river tubing. Airnya bening, jernih, dan bersih karena lokasinya tidak jauh dari mata air.

Untuk menuju ke tempat ini wisatawan dapat menuju jalan yang mengarah ke Ketep Pass di belakang pabrik kertas Blabak, atau dari arah Armada Town Square Magelang. Lokasinya mudah dijangkau dan memiliki jalan aspal yang cukup baik.

Di daerah Candimulyo sendiri terdapat banyak aliran sungai dengan beberapa penyedia jasa river tubing yang memiliki keunggulan masing-masing. Untuk river tubing dengan sensasi jeram yang cukup deras dan menantang serta mampu menguji adrenalin dengan melompat dari bendungan setinggi 3 meter,wisatawan bisa menggunakan provider Little Ubud.

Bagi yang membawa anak kecil tidak perlu khawatir, karena ada alternatif rute yang tidak ekstrim yaitu melalui saluran irigasi. Namun apabila ingin mencoba di jalur ekstrim, anak kecil juga dapat dipangku di atas ban. Untuk keamanan, wisatawan dilengkapi dengan helm, pelampung, pelindung siku dan pelindung lutut.

Perjalanan dimulai dari pos awal. Setelah safety briefing dan menggunakan perlengkapan, para wisatawan akan dibawa menuju ke titik awal pengarungan menggunakan mobil bak terbuka.

Setelah itu para wisatawan berjalan menuju ke lembah sungai dengan membawa ban yang akan digunakan. Pemandangan sawah dan gemericik air pun terhampar di depan mata. Jangan khawatir capek, karena jaraknya tidak terlalu jauh sejak turun dari mobil.

Setelah memulai pengarungan, beberapa orang instruktur akan membantu mengawasi jalannya permainan. Untuk setiap rombongan bisa berkisar 10-15 orang peserta dan dipandu oleh setidaknya 5 orang instruktur.

Selama pengarungan kurang lebih 1 km selama 1,5 jam tersebut, bersiaplah untuk menguji adrenalin menaklukkan jeram-jeram yang cukup deras. Di tengah perjalanan akan ada bendungan setinggi 3 meter. Ada 2 pilihan apakah ingin menuruni tangga atau melompat dari atas bendungan!

Di bendungan tersebut selain beristirahat, wisatawan dapat melakukan swafoto ataupun berfoto-foto bersama dengan rombongan. Setelah kurang lebih 15 menit, perjalanan akan dilanjutkan masih dengan jeram yang cukup deras.

Setelah sampai di akhir perjalanan, para wisatawan akan diangkut menggunakan kendaraan untuk kembali ke titik awal. Setelah berganti baju dan membersihkan diri, wisatawan dapat menikmati wedang tampir yang telah disediakan untuk menghangatkan badan.

Untuk biaya pengarungan adalah Rp 40.000 per orang dengan perlengkapan keselamatan pelampung, helm, pelindung siku, dan pelindung lutut serta pengantaran dan penjemputan kembali ke titik awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *