Pesona Hutan Mangrove Di Pandanwangi, Brebes

 

 

Dtunjungresort.com – Bila kalian melewati jalur Pantura jangan lupa untuk mengunjungi pesona indahnya hutan mangrove di Pandanwangi Desa Kalilingi. Destinasi wisata hutan mangrove ini ramai dikunjungi oleh para traveler. Ketika hari-hari biasa terdapat sekitar 300 pengunjung yang ingin menikmati keindahan hutan mangrove dan ketika liburan memuncak hingga 1.500 pengunjung.

Rusdan yang merupakan penjaga tiket wisata hutan mangrove tersebut mengatakan pada tahun 1990 Dusun Pandansari dihempas abrasi. Selama bertahun-tahun desa tersebut terkena abrasi sampai 1.250 hektar daratan ditelan oleh laut.

“Warga kemudian ramai-ramai tanam mangrove tahun 2005. Kemudian tahun 2007 digalakkan penanaman mangrove secara besar-besaran. Dan puncaknya 2016 desa ini dilaunching jadi desa wisata mangrove,” Rusdan mengisahkan.

Pengunjung yang datang akan disuguhi panorama laut dan sunset ketika sore hari. Tidak hanya untuk berselfie, panorama hutan mangrove ini juga kerap kali dijadikan untuk objek pre-wedding.

Tiket untuk masuk ke wisata hutan mangrove ini pada hari biasa sekitar Rp 15.000 dan untuk hari libur Rp 20.000 sudah termasuk tiket masuk dan menaiki perahu.

Para traveler yang mengunjungi hutan mangrove tidak perlu khawatir akan merasa kelaparan dan kehausan. Pada hutan mengrove terdapat warung sederhana yang akan menyuguhkan makanan bagi para pengunjung. Pengunjung tidak dibatasi waktu untuk mengunjungi hutan mangrove ini.

Ada 12 perahu sudah disediakan oleh pengelola wisata hutan mangrove dengan bergantian supaya pengunjung bisa pulang sesuai keinginan.

“Bebas, mau satu hari mau apa itu terserah. Yang penting jangan menginap, gelap nggak ada listrik, banyak nyamuk,”kata Rusdan. Objek wisata ini dibuka setiap harinya pada pukul 06.00 WIB hingga sore pukul 17.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *