Wisata Kesehatan di Pulau Giliyang Sumenep

 

 

Dtunjungresort.com – Mungkin kalian masih merasa asing dengan nama Pulau Giliyang atau Gili Iyang di Sumenep. Tetapi, pulau ini akhir-akhir ini cukup terkenal lantaran masyarakatnya yang mempunyai umur lebih dari 100 tahun.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Sumenep, KH Busyro Karim ketika Launching and Visit Calender of Event Sumenep 2018 di Gedung Sapta Pesona, Balairung Soesilo Soedarman, Selasa (5/12/2017) sore.

“Satu sisi kami punya Pulau Giliyang, ini ikon pariwisata Sumenep. Tertinggi nomor dua di dunia kadar oksigennya, setelah Yordania,” kata Busyro.

Menurut sebuah study dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), tingkat oksigen pada Pulau Giliyang antara 3,4 hingga 4,8% di atas standar normalnya. Busyro menjelaskan bila kadar oksigen yang tinggi di Pulau Giliyang lah yang membuat beberapa warganya mempunyai umur hingga ratusan tahun.

“Ada 157 orang di atas 100 dan sehat karena oksigennya. Saya kira harus menoleh program pusat dengan pariwisata kesehatan di Sumenep,” kata Busyro.

Sama seperti Busyro, Kadisbudporpar Sumenep, Sufiyanto pun mengungkapkan hal yang senada. Buktinya, banyak orang yang mengunjungi Pulau Giliyang untuk berobat sampai wisata kesehatan.

“Kalau sementara ini wisnus maupun wisman terutama China memang suka dengan terapi-terapi ini. Wisatawan datang untuk terapi dan menikmati oksigen saja,” kata Sufiyanto.

Dan untuk mengunjungi pulau Giliyang, para wisatawan harus pergi ke Pelabuhan Tanjung, Saronggi di Sumenep terlebih dulu. Kemudian, wisatawan harus menggunakan kapal atau perahu ke pulau Giliyang memerlukan waktu hingga 40 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *