Ini Penjelasan Tentang Ditutupnya Gunung Semeru

Dtunjungresort.com – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), membuat sebuah pengumuman yang cukup membuat kaget para pendaki gunung. Balai Besar Taman Nasional mengumumkan bahwa semua aktivitas pendakian di Gunung Semeru akan ditutup, wacana ini tercantum dalam surat dan akan mulai dilaksanakan pada 1 Januari 2018.

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mengungkapkan bahwa penutupan ini untuk bisa menjaga lingkungan dan memelihara jenis tumbuhan dan hewan-hewan di Gunung Semeru. Langkah ini sangat tepat untuk melindungi ekosistem di sepanjang rute para pendaki.

Sarif Hidayat, selaku Humas Balai Besar TNBTS, memberikan penjelasan terkait tentang ditutupnya Gunung Semeru. Menurutnya demi keselamatan para pendaki mengingat tingginya volume hujan dibeberapa bulan kedepan.

Lalu untuk recovery (pemulihan) ekosistem jalur pendakian. Mengingat setelah sembilan bulan kawasan tersebut dikunjungi pendaki yang relatif tidak sedikit, sehingga untuk mengembalikan ekosistem kawasan secara alami kita tutup kawasan tersebut,” ujar Sarif.

Disamping untuk menjaga keselamatan para pendaki, pihak TNBTS juga ingin memperbaiki, serta menjaga pangkalan fasilitas bagi para pendaki Gunung Semeru.

Sarif juga menambahkan, untuk berapa lama jalur pendakian ini ditutup. Pihaknya tidak mau memberi keterangan lebih dan tidak juga bisa mamastikan, hanya menunggu sampai perbaikan selesai dilakukan, karena perlu peninjauan lebih dalam lagi.

“Bisa minimal tiga bulan atau jika ada pertimbangan lain bisa lebih dari itu. Jadi untuk penutupan sampai kapannya kita liat perkembangan di lapangan,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *