Titik 0 Citarum Yang Mempesona

Dtunjungresort.com – Titik 0 km Sungai Citarum yang terletak di Situ Cisanti, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, merupakan destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan libur akhir pekan.

Sebelum menjadi sebuah destinasi wisata, Sungai Citarum dulunya terkenal karena banyaknya sampah yang mengapung, bahkan sempat diklaim mengandung limbah berbahaya. Namun, semua berubah sekarang anda akan dibuat takjub dengan kondisi Sungai Citarum saat ini.

Kini Sungai Citarum telah menjadi tempat wisata dan diberi nama Titik 0 Citarum atau Hulu Sungai Citarum yang beelokasi di Situ Cisanti Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Situ Cisanti sendiri sudah ada sejak sejak ribuan tahun lalu dan merupakan danau purba dan rawa sebelum di ubah menjadi danau buatan.

Berbeda dengan keadaan di hilir Sungai Citarum yang memiliki air yang keruh, Hulu Sungai Citarum diketahui masih alami karena keadaan airnya yang masih terlihat jernih.

“Situ Cisanti danau buatan yang dibangun pemerintah tahun 2001 dan dibuka umum tahun 2005. Sebelum dijadikan danau buatan, Situ Cisanti merupakan rawa,” tutur seorang juru kunci Situ Cisanti Atep (45).

Atep selaku juru kunci Situ Cisanti juga memberitahu jika dulunya Situ Cisanti biasa dipanggil dengan rawa bendungan dan mempunyai kedalaman yang berbeda-beda. “Luas sekarang sekitar sembilan hektare, kalau sebelumnya paling sekitar tujuh hektare. Diperluas dan diperbesar menjadi sembilan hektare, kedalamannya bervariatif dari 40, 60 centimeter, 3 meter, juga ada,” jelasnya.

Suasana asri dari Situ Cisanti juga dikarenakan banyaknya pepohonan endemik khas Jawa Barat yang seakan mempertegas kesan alami tersendiri bagi siapa saja yang mengunjungi tempat ini.

“(ada) aslinya pohon saninten, kiara, kihiur, rasamala, kihujan, kibako, kuray, ki tambaga, jamuju dan masih banyak lagi,” ucap Atep.

Atep juga menambahkan, jenis pohon yang disebutkannya itu memiliki fungsi yang sangat banyak, dari mulai menyerap air hingga menyimpan cadangan air dan dijadikan tempat untuk piknik pengunjnung.

Tidak cuma alam yang masih alami, Hulu Sungai Citarum juga memiliki daya tarik lain seperti tujuh mata air yang terdiri dari, mata air Pangsiraman, Cikolebere, Cikawadukan, Cikahuripan, Cisadana, Cihaniwung, dan Cisanti. Tempat ini pun bisa menjadi pilihan destinasi liburan akhir pekan, tapi harus tetap ingat untuk selalu menjaga kebersihan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *