Dirikan Tenda di Dalam Bangunan Pos Pendakian. Apakah Boleh?

Dtunjungresort.com – Bagi bebarapa orang mendaki gunung adalah sebuah hobi yang menantang adrenalin dan juga menyenangkan. Untuk para pendaki gunung biasa akan memakan waktu berhari-hari dan pasti akan mendirikan sebuah tenda.

Terkait hal ini, baru-baru ini heboh tantang sekumpulan pendaki yang membuat tenda di dalam pos pendakian. Lalu apa yang bikin heboh? dan apa fungsi dari bangunan pos pendakian itu?

Menjawab rasa penasaran kita, seorang pengelola Gunung Semeru atau dari Balai TNBTS, Budi Mulyanto memberikan jawabannya. Menurut Budi Mulyanto, bangunan pos pendakian itu bersifat umum dan bisa digunakan bagi semua pendaki bukan perorangan.

“Pada prinsipnya, pendaki atau wisatawan harus tahu dan paham peruntukan shelter atau pos, yaitu untuk kebutuhan beristirahat sejenak dan perlindungan dari panas matahari dan hujan,” tutur Budi.

“Shelter bisa di manfaatkan oleh semua pihak, bukan pribadi atau golongan atau kelompok tertentu,” lanjut dia lagi.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa dalam keadaan darurat tidak diperbolehkan mendirikan tenda di dalam pos. Alasannya, adalah tidak sesuai peruntukan dibangunnya pos itu.

“Darurat yang bagaimana? Kalau mereka berteduh di shelter atau bermalam tanpa pakai tenda di dalam shelter masih diperkenankan. Tetap saja tidak boleh walau sedang ada yang sakit, karena tidak sesuai dengan fungsi shelter atau pos,” ucap Budi.

Dari penjelasan ini sudah terjawab bukan mengapa mendirikan tenda didalam bangunan pos itu bisa menghebohkan, karena sejatinya mendirikan tenda didalam pos bangunan pendakian tidak boleh dilakukan.

Sebelum ini, di beberapa akun media sosial sedang viral dengan beberapa pendaki yang membangun tenda di dalam bengunan pos pendaki dan kejadian ini diketahui terjadi di Gunung Lawu dan Merbabu

Dengan begini untuk para pendaki harus mematuhi aturan dan mengerti jika dibangunnya sebuah pos atau shelter bukan untuk dibangun tenda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *