Wisata Malam Jadi Destinasi Baru di Yogyakarta

Dtunjungresort.com – Yogyakarta memang terkenal dengan tempat-tempat wisata yang kekinian dan nudah mendapat perhatian dari para wisatawan. Banyak tempat wisata di Yogyakarta yang patut dikunjungi seperti Pantai Cemara Sewu, Gua Ngeleng, Air Terjun Gadad dan masih banyak lagi.

Namun, dari semua wisata tersebut tidak ada yang bisa dinikmati dengan baik ketika malam datang, berbeda dengan wisata yang sedang direncanakan oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta yang akan menghadirkan wisata malam di pesisir pantai selatan.

“Wisata itu bisa berwujud kegiatan hiburan dan kuliner. Seperti laguna di Pantai Depok, Bantul,” tutur Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanta, akhir pekan kemarin.

Tidak hanya dipantai selatan, wisata malam ini juga dikatakan bisa dilakukan di Pantai Parangtritis Bantul. Wisata malam dan kuliner tidak bertentangan dengan budaya setempat.

“Yang bertentangan itu hal-hal yang fasilitasi tak sesuai norma kesusilaan maupun adat,” tutur Aris.

Sedikit informasi, jika wisata malam ini akan mirip dengan di Pulau Dewata Bali, persiapan seperti kios hingga parkiran sudah mulai dilakukan. Wisata malam ini juga akan bisa dirasakan di pantai di Gunungkidul.

“Apalagi kalau JJLS (jalur jalan lintas selatan) sudah jadi, ini bisa sangat membantu. JJLS jadi wow menarik banget. Belum ada kan wisata malam di pantai sambil makan-makan,” tegas Aris menambahkan.

Lebih lanjut, Aris mengungkap jika proyek ini bisa berjalan dengan cepat jika Pemkab dapat bekerja sama dengan penginapan untuk mendukung rencana itu.

“Jika ingin menciptakan wisata malam mereka pemkab harus jadi anchor-nya. Aspek perwujudan harus bekerja sama dengan kementerian juga,” tegas Aris

Terkait dengan norma dan budaya masyarakat setempat, Plt Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto mengatakan jika pihaknya telah berdiskusi dengan masyarakat sekitar kawasan wisata.

“Kami masih diskusikan konsep untuk 2019 atau 2020,” kata Kwintarto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *