Pantai Ramah Anak di Gunung Kidul

Dtunjungresort.com – Bingung menghabiskan liburan dengan keluarga terutama anak yang terkadang suka pilih-pilih? tenang karena di tempat wisata Gunungkidul menyajikan pemandangan yang akan disukai anak-anak.

Pantai yang bertempat di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Sepanjang sejak 2016 dan menjadi pantai ramah anak.

Salah satu penanggung jawab di pantai Gunungkidul ini menjelaskan jika pantai ramah anak ini akan menawarkan keselamatan yang terjamin untuk anak dengan menempatkan relawan di sejumlah titik untuk mengawasi anak-anak.

“Sebenarnya Pantai Sepanjang ditetapkan sebagai pantai ramah anak setelah sebelumnya Desa Kemadang ditetapkan sebagai desa ramah anak,” jelasnya Sutono.

Petugas keselamatan ini dikatakan oleh Sutono setidaknya ada 20-an orang yang merupakan pokdarwis dan karang taruna Desa Kemadang. Tidak hanya menjaga keselamatan anak-anak para pwtugas ini juga memastikan kenyamanan dari pengunjungnya.

“Tugas para relawan tersebut yakni memberikan pelayanan ke pengunjung pantai, dengan mengawasi wisatawan yang membawa anak-anak. Karena terkadang para orangtua lupa mengawasi anaknya saat mereka asyik bermain air,” katanya.

Tidak hanya menyediakan pengawasan kepada anak-anak, di pantai ramah anak ini juga menyediakan permainan tradisional yang bisa dimainkan anak-anak di Pantai Sepanjang.

“Fasilitas permainan tradisional ini gratis (dipakai anak-anak-red), tidak ada tambahan biaya. Tujuan kami selain untuk membuat nyaman anak-anak juga untuk mengenalkan permainan tradisional ke anak-anak yang liburan ke sini,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *