Duta Besar India untuk Indonesia Berharap Indian Cultural Week Digelar di Aceh

Dtunjungresort.com – Budaya dan wisata Aceh mulai mendapatkan perhatian dari negara lain yaitu India. Bahkan, sempat ada kabar jika pagelaran Indian Cultural Week (festival budaya India) diajukan untuk digelar di sana.

Kabar ini diketahui setelah Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar mempromosikan Indian Cultural Week (festival budaya India) di gelar di Indonesia yaitu Aceh.

Terkait tawaran dari India ini, Pemerintah Aceh belum memberikan jawaban terkait tawaran tersebut. Sebelum ini, festival serupa sebelumnya pernah digelar di beberapa kota di Indonesia, seperti Bandung dan Bali. Dalam waktu dekat, festival budaya India juga akan digelar di Kota Malang.

“Dalam festival ini kita akan melakukan berbagai kegiatan seperti kuliner, pemutaran film, budaya, pameran dan lain sebagainya,” kata Pradeep Kumar di Banda Aceh

Lebih lanjut dengan rencana ini, Pradeep magatakan jika bisa terseleggara maka festival budaya India ini akan disesuaikan dengan kondisi dan adat istiadat yang ada di Aceh. “Untuk format kegiatannya kita serahkan sama Pemerintah Aceh, jadi nanti kita bisa tentukan kegiatan apa saja yang bisa kita laksanakan dalam festival tersebut,” tutur Pradeep.

Sementara itu, Sekda Aceh Dermawan, mengatakan, Pemerintah Aceh menyambut baik rencana pagelaran festival budaya di Aceh. Meski demikian, Pemerintah Aceh akan membahas tawaran tersebut secara internal.

“Ini tentu tidak bisa kita putuskan hari ini, kita akan membahasnya dan nanti akan kita sampaikan kembali kepada Duta Besar India,” kata Dermawan.

Saat bertemu Dubes India untuk Indonesia, Dermawan mempromosikan Pekan Kebudayaan Aceh yang dilaksanakan tahun ini. Kegiatan tersebut akan dihadiri oleh seluruh kabupaten kota di Aceh.

“Kegiatan PKA nantinya juga mengundang para duta besar negara sahabat,” imbuhnya Dermawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *