Takjil Manis dan Gurih Dari Temanggung

Dtunjungresort.com – Jika berbicara Indonesia tentu tidak hanya keindahan alam dan pariwisata saja yang menyenangkanm, namun juga beberapa makanan tradisional dari berbagai daerah yang sangat cocok untuk dijadikan takjil pada bulan Ramadhan ini.

Di Indonesia banyak sekali makanan yang cocok dijadikan takjil dan salah satunya adalah yang berasal dari Temanggung dan sekitarnya yaitu manisan yang bernama bajingan.

Bajingan ini dibuat dengan bahan dasar singkong. Kendati dengan bahan yang cukup mudah dicari, perlu diingat untuk Bajingan tidak boleh memilih singkong yang tumbuh di tanah liat.

“Biasanya berasal dari tanah gembur, seperti singkong sawah, bukan singkong ladang atau kebun yang biasanya jadi tepung,” jelas Pitut, salah satu chef Resto Kaum Jakarta saat memeragakan pembuatan bajingan.

Bajingan sendiri memiliki cita rasa yang khas yaitu manis dan sedikit gurih, kedua rasa tersebut didapatkan dari gula dan santan yang dimasak dalam waktu lama.

Hidangan ini bisa menjadi takjil berbuka puasa. Selain karena manisnya, bajingan juga kaya karbohidrat dari singkong yang berguna untuk mengembalikan energi setelah puasa.

Selama bulan Ramadhan, bajingan bisa dijumpai di Temanggung dan sekitarnya. Bajingan juga cocok disantap bersama hidangan tradisional unik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *