Kue Rangi, Kue Khas Kendal Cocok Untuk Sajian Lebaran

Dtunjungresort.com – Menjelang mudik lebaran alangkah baiknya kita mulai berburu makanan ringan untuk disajikan kepada para tamu dan kerabat yang jauh berkunjung. Nah, ini ada makanan yang cocok untuk waktu tersebut.

Berasal dari Kabupaten Kendal, Jawa Tengah makanan ini sangat diburu ketika menjelang hari raya lebaran, namanya adalah kue rangi. Kue ini sangat khas dengan bentuknya yang mirip bunga.

Salah satu pembuatnya yaitu Fauzi Indah, warga Sukodono, berbagi pengalamannya ketika berbisnis kue rangi ini. Fauzi sendiri merupakan generasi ketiga dari bisnis kue rangi milik keluarga ini.

Fauzi menuturkan jika menjelang lebaran kue rangi ini sangat dicari oleh para pembeli. “Pas puasa hingga Lebaran, banyak pembeli untuk cemilan,” tutur Fauzi.

Bisnis Fauzi ini masih menggunakan alat-alat dan cara yang tradisional, seperti tungku yang pengapiannya dari serabut kelapa. Bahan-bahan untuk membuat kue rangi ini cukup mudah dicari yaitu kelapa dan tepung ketan

“Kelapa kami parut secara manual, tidak menggunakan mesin. Sebab kalau menggunakan mesin, parutan kelapa terlalu halus. Di samping itu, cara manual akan menghasilkan tekstur yang tepat. Rasa dan baunya juga khas,” jelasnya.

Fauzi menjelaskan dirinya tidak sembarang memilih bahan baku kelapa dan tepung ketan yang akan digunakan membuat kue rangi. Oleh sebab itu, semua bahan ia beli dan olah sendiri. Tujuannya, supaya rasanya tidak berubah sehingga pembeli tidak kecewa.

“Menjelang lebaran, pesanan membludak. Kami kewalahan. Supaya tidak kecewa kami berharap, sebaiknya kalau pesan kue rangi jauh-jauh hari sebelumnya,” lanjutnya.

Salah seorang pembeli, Nur Salimahtun mengatakan rasa dari kue ini manis dan sangat gurih. Keluarganya sangat menyukainya. Nur sendiri merupakan langganan yang selalu membeli kue rangi kepada Fauzi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *