Si Hitam Manis Yang Lezat dari Kutoarjo

Dtunjungresort.com – Makanan khas setiap daerah berbeda-beda dan menggugah rasa penasaran. Salah satunya adalah kue khas Kutoarjo, Jawa Tengah yang memiliki rasa kenyal dan manis legit.

Kue tersebut adalah kue lompong. Kue ini memiliki khas yaitu berwarna hitam legam. Namun, ketika dibelah, kue lompong ini memiliki isian yang berwarna coklat.

Salah satu penjual kue lompong yang masih eksis saat ini adalah toko Gloria Snacks Kutoarjo milik pak Tejo. Kue lompong sendiri sudah hadir setidaknya 50 tahun yang lalu. Menurut Tejo, kue lompong yang menjadi kuliner khas Kutoarjo ini sudah ia temui sejak ia berumur 10 tahun.

Dikatakan Tejo, bahan-bahan untuk membuat kue lompong ini mudah ditemukan seperti batang daun talas atau lompong, tepung merang, tepung ketan, dan gula pasir. Sementara, isinya dari tumbukan kacang tanah.

“Kalau masih panas, kue lompong itu memang kenyal, kalau dingin gak lembek atau kenyal,” katanya saat ditemui di tokonya beberapa waktu lalu.

Kue lompong dimasak dengan cara dikukus. Menurutnya, cara membuat kue lompong itu gampang-gampang susah. “Batang daun talasnya itu dibakar. Nah, kalau saya beli yang sudah jadi bubuk. Warna hitamnya dari tepung merang,” katanya lagi.

Di Kutoarjo, kue lompong masih banyak bisa ditemukan di pasar-pasar dan rumah makan. Kue lompong juga sering dibeli untuk oleh-oleh dan disantap sebagai sarapan. Kue lompong dijual mulai dari Rp 2.000 per buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *