Sate Tuhuk, Sate Khas Krui, ibukota Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung

Dtunjungresort.com – Salah satu makanan yang sangat digemari di Indonesia yaitu sate ternyata memiliki banyak varian tergantung daerah masing-masing. Salah satunya adalah sate khas dari Krui, ibukota Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

Sate didaerah tersebut berbeda dengan kebanyakan sate lainnya yang terbuat dari daging ayam, kambing, sapi. Sate khas Krui, ibukota Kabupaten Pesisir Barat terbuat dari ikan marlin yang bernama sate tuhuk.

Sate tuhuk ini sangat pas dijadikan menu makan bagi anda yang tengah berlibur di Krui, ibukota Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Untuk harga sate tuhuk sendiri berdasarkan musim ikan marlin.

Ada beberapa rumah makan tak jauh dari Pasar Krui yang menjual hidangan dari ikan ini. Diolah menjadi sop, gulai hingga pindang. Hanya khusus untuk sate tuhuk bisa ditemukan di Rumah Makan Pondok Kuring, tak jauh dari pasar juga.

Ikan pun dibakar hanya sebentar, sekitar 10-15 menit. Per porsi yang terdiri dari 10 tusuk di rumah makan yang berada di Pekon Serai ini, dipatok seharga Rp 30 ribu. Sate ikan marlin ini diberi guyuran kuah kacang. Selain sate tuhuk, di RM Pondok Kuring ini juga tersedia sop tuhuk yang dibanderol Rp 25 ribu per porsi. Keduanya wajib dicicipi bila wisatawan berlibur ke Krui, Pesisir Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *