Mie Cakalang, Mie Sarapan Pagi Khas Manado

Dtunjungresort.com – Apakah kalian termasuk penyuka olahan mie? jika iya. Apakah sudah pernah merasakan lezatnya mie khas di Kota Manado, Sulawesi Utara yang bernama mie cakalang?

Mie ini sangat direkomendasikan untuk kalian para pecinta kuliner. Berbahan dasar mie kuning basah dan suwiran cakalang fufu atau ikan tongkol asap, mie cakalang ini sangat digemari di Kota Manado.

Salah satu alasan kenapa mie cakalang ini sangat digemari adalah karena bumbu untuk kuahnya yang terdiri dari bawang putih, bawang daun, merica, kecap asin, plus air kaldu.

Proses pembuatan mie cakalang ini juga hampir sama dengan olahan mie lainnya. Pertama tumis terlebih dulu bumbu baru diberi merica dan kecap asin plus kaldu. Kemudian diguyurkan ke mi kuning, lantas ditaburi dengan cakalang fufu yang telah digoreng.

Jangan lupa bawang goreng sehingga aromanya semakin menggoda. Setelah jadi dan siap dihidangkan, mie cakalang ini sangat cocok jika dikombinasikan dengan sambal hijau dan sambal merah.

Di Manado sendiri tidak susah untuk menemukan sajian khas ini karena hampir di pusat makanan lokal di Kawasan kuliner Tinutuan Wakeke banyak yang menyajikannya.

Sudah lama sepanjang Jalan Wakeke ini dipenuhi oleh rumah makan dengan olahan hidangan lokal. Hampir setiap rumah makan, menjual tinutuan atau bubur Manado dan mi cakalang.

Jika kalian sedang berlibur di Manado jangan sampai melewatkan kuliner untuk sarapan pagi ini yah. Harga per mangkoknya pada kisaran Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *